DOWNLOAD Aplikasi Android KNRP Sekarang di Play Store, KLIK DI SINI

 

Gaza – Angkatan Laut zionis israel menembaki perahu-perahu nelayan Palestina di Khan Younis, bagian selatan Jalur Gaza, Rabu dini hari, media middle east monitor mengabarkan. Hingga berita ini dilansir dilaporkan bahwa tidak ada korban jiwa dalam aksi penembakan zionis israel ini.

Angkatan laut zionis israel sering kali melakukan serangan-serangan terhadap para nelayan saat mereka sedang bekerja di laut Gaza. Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh asosiasi hak asasi manusia baru-baru ini mencatat bahwa 85% nelayan di Jalur Gaza telah mengalami bentuk pelanggaran zionis israel ini.

Otoritas zionis israel telah lama memberlakukan pembatasan sepihak terhadap nelayan Palestina di Jalur Gaza. Angkatan laut zionis israel kerap kali melakukan serangan-serangan dengan dalih kebijakan tersebut. Pusat Hak Asasi Manusia Al-Mizan telah melaporkan bagaimana pelanggaran sistematis ini berdampak kepada ekonomi Palestina.

Berdasarkan perjanjian Oslo yang ditandatangi tahun 1993, zionis israel wajib mengizinkan nelayan Palestina untuk berlayar untuk menangkap ikan yaitu sejauh 20 mil laut. Namun hingga saat ini butir perjanjian ini belum sekalipun dilaksanakan oleh zionis israel.

Pada bulan Mei 2019, angkatan laut zionis israel mengatakan zona menangkap ikan dikurangi dari 15 mil laut menjadi 10 mil laut. (wm/knrp)

 

Sumber: middleeastmonitor.com

DOWNLOAD Aplikasi Android KNRP Sekarang di Play Store, KLIK DI SINI