DOWNLOAD Aplikasi Android KNRP Sekarang di Play Store, KLIK DI SINI

 

New York – Amerika Serikat (AS) menggunakan hak veto terhadap rancangan resolusi yang disiapkan Kuwait di Dewan Keamanan PBB, Jumat (1/6/2018), lansir Media berita Sharq Awsaat pada Sabtu (2/6/2018). Rancangan resolusi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan internasional bagi bangsa Palestina yang berada di bawah penjajah zionis Israel atau di bawah blokade zionis Israel. Sementara itu, rancangan resolusi yang disiapkan oleh AS untuk mengganti rancangan resolusi Kuwait ini, gagal untuk mencapai suara minimum.

 

Pertemuan dimulai dengan melakukan pemungutan suara terhadap rancangan resolusi yang diajukan oleh Kuwait. Dalam pertemuan tersebut, delegasi AS Nikky  Hayley meminta untuk terlebih dahulu dilakukan perubahan terhadap rancangan resolusi yang diusulkan oleh Kuwait sebelum dilakukan pemungutan suara terhadap hal tersebut. Pemungutan suara rancangan resolusi yang digulirkan AS dilakukan, setelah pemungutan suara rancangan resolusi Kuwait dilangsungkan.

 

Hasil rancangan resolusi Kuwait yaitu 10 negara anggota mendukung (Kuwait, Perancis, Swedia, Rusia, Cina, Kazakhstan, Bolivia, Peru, Guinea Khatulistiwa dan Pantai Gading), 4 negara abstain (Inggris, Belanda, Polandia dan Ethopia) dan AS menolak dengan menggunakan hak veto yang dimilikinya. Sedangkan pemungutan suara rancangan resolusi AS yaitu 1 negara mendukung (hanya AS), 11 negara abstain (Rusia, Swedia, Kazakhstan, Bolivia, Peru, Guinea Khatulistiwa, Pantai Gading, Inggris, Belanda, Polandia, Ethophia) dan 3 negara menolak (Kuwait, Rusia dan Cina).

 

Rancangan resolusi AS ini menetapkan kecaman keras terhadap Hamas dan Jihad Islam terkait peluncuran roket ke Israel. Selain itu, pernyataan yang menunjukkan terbunuhnya puluhan orang Palestina dan ratusan orang Palestina terluka akibat tembakan zionis Israel serta pernyataan “penjajah” dihapus, khususnya kata pernyataan yang menuntut perlindungan internasional terhadap bangsa Palestina. (wm/knrp)

 

Sumber : aawsat.com

DOWNLOAD Aplikasi Android KNRP Sekarang di Play Store, KLIK DI SINI