File - In this Dec. 13, 2013 file photo, the Western Wall, right, and the gilded Dome of the Rock, among the holiest sites for Jews and Muslims, are covered in snow. Israeli police stormed a sensitive holy site in Jerusalem on Wednesday, April 16, 2014, firing tear gas to disperse a protest by Palestinian Muslim worshippers, officials said. Police spokesman Micky Rosenfeld said the crowd hurled stones and firecrackers from atop the compound known to Jews as the Temple Mount, the holiest site in Judaism. (AP Photo/Dusan Vranic, File)
DOWNLOAD Aplikasi Android KNRP Sekarang di Play Store, KLIK DI SINI

 

 

Bandung – Isra Mi’raj mengingatkan Muslim akan peristiwa perjalanan satu malam Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Peristiwa agung yang menjadi cikap bakal turunnya perintah shalat lima waktu ini menjadi perayaan yang diperingati umat Muslim tiap tahunnya. Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Jawa Barat menggelar acara Konser Amal untuk Masjid Al-Aqsa di GOR Bikasoga, Kota Bandung, Senin (24/4). Dalam acara ini dikumpulkan donasi untuk Masjid Al-Aqsa dan rakyat Palestina.

 

Ketua Panitia Nurhakim Zaki mengatakan, Konser Amal untuk Masjid Al-Aqsa sebagai puncak acara dari giat Rajab Fair 2017. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Isra Mi’raj. Lewat giat ini diharapkan masyarakat Indonesia semakin mencintai Masjid Al-Aqsa. Masjid yang menjadi saksi kebesaran Allah SWT dan pernah menjadi kiblat Muslim di seluruh dunia.

 

“Kita ingin lewat acara ini juga memberi edukasi situasi Masjid Al-Aqsa termasuk saudara Muslim di sana, bahwa negara Palestina dimana ada Masjid Al-Aqsa belum sepenuhnya merdeka. Mereka butuh bantuan dan dukungan dari saudara sesama Muslim,” kata Nurhakim.

 

Dengan edukasi ini, masyarakat Jawa Barat bisa merasa ikut memiliki Masjid Al-Aqsa. Lewat pemaparan kondisi terkini masjid yang berada di negara konflik tersebut. Sebagai Muslim, ujarnya, ikut menjaga dan membantu tetap berdirinya Masjid Al-Aqsa dinilai menjadi sebuah kewajiban. Meski tidak bisa membantu secara langsung di lokasi, bantuan donasi menjadi salah satu upaya menunaikan kewajiban tersebut.

 

Kepedulian masyarakat digalang dalam bentuk donasi yang akan disalurkan ke Palestina. Penggalangan dana ini dikumpulkan selama tiga hari. “Donasi ini biasa kita salurkan ada dalam bentuk uang juga barang-barang tergantung kebutuhan masyarakat. Masuk musim dingin kita kirimkan selimut. Ada juga obat-obatan, sanitasi air bersih,” katanya.

 

Ia bersyukur banyak masyarakat yang ikut berdonasi. Termasuk program donasi komitmen yang digerakan di mana masyarakat bisa mencicil uang sumbangan yang ingin diberikannya. “Hasil seluruhnya belum direkap. Tapi ada yang nyumbang setiap orangnya Rp 25 juta itu bisa dicicil,” ucapnya. Konser amal ini diramaikan penampilan penyanyi kenamaan Indonesia, Armand Maulana. Vokalis band Gigi ini menghibur masyarakat yang hadir di sela-sela bazzar.

 

Selain itu, ada Tabligh Akbar, seminar muslimah yang diisi tokoh-tokoh ulama Jawa Barat. Ada pula lomba-lomba yang dikhususkan untuk anak-anak seperti lomba menghapal Alquran, peragaan busana dan menggambar. (yp/knrp)

DOWNLOAD Aplikasi Android KNRP Sekarang di Play Store, KLIK DI SINI