Turki Palestina

BARCELONA Pihak rektor inti Univeritas Pusat di Barcelona UAB mengumumkan resmi memboikot Israel dan memutus segala bentuk komunikasi dan hubungan dengan semua perguruan tinggi dan lembaga-lembaga Israel yang memiliki kaitan dan hubungan langsung atau tidak dengan penjajah zionis.

UAB menyetujui menjadi bagian dari prakarsa “Dunia Tempat Tanpa Rasialisme” yang disepakati oleh ratusan pemerintah daerah, lembaga, perguruan tinggi, dan organisasi-organisasi lainnya di dunia.

Langkah boikot ini sebagai hasil dari jaringan komite BDS (Boicot and Sanction)/boikot dan sanksi kepada Israel yang teresebar di puluhan negara Eropa, Amerika, Afrika dan Autralia yang membuat Israel resah.

Di Spanyol, Komite Boikot dibentuk pada 2007 dan mampu menyebar dan aktif dan memiliki program-program dalam hal solidaritas kepada Palestina dan edukasi serta melakukan sejumlah aksi ketika merasa ada infiltrasi Israel di dalam bidang perdagangan, budaya dan akademi. Sudah banyak capaian mereka lakukan.

Ketika pekan ini di kota San Sebastian di Spanyol Utara digelar sebuah talk show dan diikuti oleh banyak aktivis Komite Boikot dari Amerika Selatan, Afrika, Eropa. Dalam acara tersebut mereka juga tukar pengalaman dan koordinasi.

Sebelumnya, dua pekan lalu Kepualauan Canaria yang merupakan bagian dari Spanyol memboikot Israel pada saat dubes Palestina di Spanyol Kifah Audah berkunjung ke Kepulauan tersebut dan juga memperingati hari solidaritas untuk bangsa Palestina dan bendara Palestina dikibarkan. Sebelumnya provinsi Sevilla dan sejumlah kota Spanyol lainnya memboikot Israel dan mendukung Palestina sebagain bagian dari Komite Boikot. (mk/knrp)

Sumber: infopalestina.com