mosque-destroyed-by-israeli-airstrike-2014

GAZA CITY — Departemen Agama Turki mengumumkan pada Rabu (2/12) bahwa mereka akan membangun kembali sembilan masjid hancur dalam serangan militer Israel tahun lalu di Jalur Gaza yang diblokade.

Wakil Kepala Direktorat Hasan Kamil Yilmaz mengatakan bahwa total biaya proyek akan menjadi USD 4,5 juta, USD 1.200.000 dari yang sudah dicairkan.

Sementara di Gaza untuk membuat pengumuman, Yilmaz mengunjungi Rumah Sakit Persahabatan Turki-Palestina, yang dibangun oleh pemerintah Turki lebih dari dua tahun lalu dengan biaya total USD 34 juta.

Yilmaz bersama Kepala Delegasi Pejabat Direktorat, tiba di Jalur Gaza Rabu pagi melalui perbatasan Erez untuk kunjungan dua hari ke daerah kantong Palestina yang diblokade.

Menurut Kementerian Agama Palestina bagian Wakaf ,ada 64 masjid yang hancur selama serangan militer Israel tahun lalu, sementara 150 lainnya rusak sebagian.

Pada bulan Juli dan Agustus 2014, tentara Israel memblokade Jalur Gaza selama tujuh minggu melalui udara, darat dan laut  dengan tujuan nyata yaitu meroket wilayah Palestina.

Seiring dengan tewasnya lebih dari 2.150 warga Palestina dan melukai ribuan orang lain, serangan juga meninggalkan banyak reruntuhan dari bangunan yang penting di Gaza, yang sebagian besar belum dibangun kembali. (mk/knrp)

Sumber: Middle East Monitor