tembok ratapan

YERUSALEM — Media di Israel telah melaporkan bahwa tentara Israel berencana membangun dinding di sekitar kota Palestina dan desa dengan dalih bahwa pihaknya akan menghentikan batu yang dilemparkan kepada pemukim Yahudi ilegal.

“Tentara Israel akan membangun kurang lebih 9 meter tembok tinggi di Beit Ummar, Al-Arroub, Gush Etzion, dan daerah sekitar selatan Tepi Barat,” ujar Channel 2 TV.

Menanggapi berita tersebut,  Sekretaris Jenderal Inisiatif Nasional Palestina Mustafa Barghouti, mengatakan kepada Anadolu, “Keputusan militer Israel untuk membangun dinding di sekitar daerah penting dan vital di bagian selatan Tepi Barat bertujuan untuk mengontrol wilayah Palestina yang besar untuk pemukim. Hal ini juga bertujuan untuk mengisolasi daerah satu sama lain untuk mencegah kesempatan untuk mendirikan sebuah negara Palestina. ”

Barghouti menambahkan bahwa dinding yang dibangun seperti ini bertujuan untuk pembangunan 676 pos pemeriksaan militer di Tepi Barat yang diduduki sebagai bagian dari rencana Israel untuk membagi wilayah dan mengontrol semua area vital.(mk/knrp)

Sumber: Middle East Monitor