DOWNLOAD Aplikasi Android KNRP Sekarang di Play Store, KLIK DI SINI

rafah
GAZA — Pada ujung jalan yang mengarah dari Gaza ke Mesir terlihat gerbang hitam besar yang terkunci. Sebuah lapisan tebal dan kotor yang telah menempel di kursi plastik di ruang tunggu di samping gerbang itu. Kulkas kosong dan meja yang kosong yang berdebu menandakan bahwa hal ini menunjukkan sibuknya aktivitas di pintu perbatasan itu.
Dua orang duduk di atas sebuah sajadah di tempat teduh. Mereka bekerja di ruang keberangkatan yang sekarang menjadi penjaga keamanan pintu perbatasan.
“Apakah Anda melihat syuhada yang lewat lagi hari ini?” tanya salah satu dari petugas yang menjaga. Sebelum hari itu, tubuh Ahmed al-Khaledi, yang meninggal dalam pemboman Ankara beberapa minggu yang lalu, diizinkan masuk ke Gaza.
“Rafah sekarang terbuka hanya untuk mati,” kata fotografer Ezz al-Zanoon. “Mungkin aku harus mati untuk keluar dari Gaza,” tambahnya sambil tertawa tentang lelucon mengerikan nya.
Palestina terus menderita setahun setelah Mesir memperketat blokade parah di Gaza dalam koordinasi dengan Israel.
Organisasi-organisasi internasional, badan-badan PBB dan Bank Dunia telah menyerukan pencabutan blokade selama bertahun-tahun.
Menurut  laporan penutupan OCHA sejak Agustus, situasi yang mengerikan rakyat Gaza yang diperparah oleh pembatasan Mesir di Rafah. Laporan lain  PBB yang diterbitkan pada September memperingatkan bahwa, jika kecenderungan ini terus berlangsung, Gaza bisa menjadi tidak layak huni pada tahun 2020.
“Perbatasan Rafah menjadi garis hidup untuk masyarakat yang saat ini tercekik di banyak tingkatan – pada tingkat individu, keluarga dan seluruh masyarakat,” kata Christopher Gunness, juru bicara UNRWA.
“Membuka perbatasan Rafah secara permanen bukan merupakan alternatif  penuh akan dihentikannya blokade Israel. Semua penyeberangan, termasuk Rafah, harus dibuka tanpa syarat jika pada kenyataannya sekitar dua juta orang di Gaza mengalami krisis kemanusiaan, yang merampas hak dan martabat mereka dalam skala yang memprihatinkan.” (mk/knrp)
Sumber: Aljazeera

DOWNLOAD Aplikasi Android KNRP Sekarang di Play Store, KLIK DI SINI