Israeli-Checkpoint-fence

YERUSALEM — Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon pada Rabu malam mengumumkan bahwa Israel akan segera mulai membangun penghalang bawah tanah di sekitar Jalur Gaza yang diblokade.

“Tentara Israel akan mulai membangun penghalang bawah tanah, di samping pagar keamanan, sekitar Jalur Gaza,” kata Yaalon seperti dikutip oleh radio publik Israel.

Menurut menteri pertahanan, penghalang bawah tanah akan mengelilingi daerah kantong Palestina untuk mencegah apa yang ia sebut sebagai “teroris” dari infiltrasi Israel melalui terowongan bawah tanah.

Bulan lalu, Menteri Pertahanan Israel mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan pembangunan keamanan pagar “pintar” sekitar 12 komunitas Israel yang terletak dekat perbatasan dengan Jalur Gaza.

Selama serangan Israel yang menghancurkan tahun lalu terhadap wilayah tersebut, pejuang Palestina menggunakan terowongan bawah tanah untuk menyerang pangkalan militer Israel dan komunitas dekat perbatasan.

Menurut tentara Israel, mereka menggunakan terowongan pada empat kesempatan terpisah selama konflik (yang berlangsung selama 51 hari selama bulan Juli dan Agustus tahun lalu) untuk menyusup wilayah Israel, di mana para pejuang yang berhasil membunuh 12 tentara Israel. (mk/knrp)

Sumber: Middle East Monitor