panen zaitun
GAZA — Panen Zaitun dianggap sebagai perayaan untuk warga Palestina dan membawa hari yang baik bagi petani di Gaza, serta di wilayah Palestina pada umumnya. Jalur Gaza ditumbuhi beberapa jenis zaitun, seperti Souri, Chemlali, dan K18.
Produksi tahun ini, zaitun di wilayah Palestina telah mengalami penurunan sebanyak 50-55 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, Departemen Pertanian telah mengungkapkan. Kementerian percaya alasan ini disebabkan oleh fenomena “berbagi beban” dan kondisi cuaca panas.
Ada banyak pohon-pohon zaitun di Gaza, tetapi di setiap serangannya, pendudukan Israel selalu merobohkan ribuan hektare lahan. Serangan terbaru pada musim panas 2014 mengakibatkan penghancuran lahan hampir 1.500 hektare tanah.
Kementerian juga mencatat bahwa Gaza membutuhkan 28,000-30,000 ton zaitun per tahun; konsumsi tahunan setiap individu adalah sekitar 15 kilogram buah zaitun atau minyak zaitun. Jumlah ini bervariasi tergantung pada kondisi keuangan individu.
Hal ini diprediksi bahwa total produksi musim ini akan menjadi lebih dari 13.000 ton, terutama karena daerah ditanami zaitun adalah sekitar 8.500 hektare, yang 5.700 hektarnya telah membuahkan hasil. Setiap seperempat hektare memproduksi sekitar 570 kilogram zaitun. (mk/knrp)
Sumber: Middle East Monitor