Newyork demo
NEW YORK — Unjuk rasa besar-besaran mendukung Palestina berlangsung di New York dan Chichago, AS, kemarin. Diperkirakan sekitar 2.000 orang turun ke jalan.  “Bebaskan Palestina” teriak pengunjuk rasa yang mengibarkan bendera Palestina saat berjalan dari jalanan Manhattan menunju Times Square.
Aksi massa sempat menghentikan lalu lintas kendaraan. Unjuk rasa dipromotori oleh Mahasiswa NYC untuk Keadilan dI Palestina. Para demonstran mengecam agresi Israel dalam kekerasan yang terjadi baru-baru ini di Tepi Barat dan Jalur Gaza.
Dalam aksi itu, sejumlah aktivis Yahudi juga mendukung Palestina dan memprotes Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.  Ketegangan sempat terjadi ketika aktivis Palestina bertemu dengan aksi pro-Israel yang juga turun di jalanan Manhattan.
Di Chicago demonstrasi juga berlangsung meriah. Ribuan orang turun ke jalan dengan mengibarkan bendera Palestina dan mengutuk aksi Israel. Mereka juga menyinggung soal dana pajak yang digunakan untuk membantu Israel. Demonstran menyerukan aksi boikot terhadap Zionis.
Situasi di Tepi Barat dan Jalur Gaza memanas sejak lebih dari dua pekan setelah aksi penodaan aparat Israel terhadap Masjid Al-Aqsa. Warga Palestina yang marah bentrok dengan aparat Israel.
Lebih dari 40 warga Palestina terbunuh di tangan peluru Zionis. Sejumlah pemuda Palestina juga melancarkan serangan sporadis dengan menggunakan pisau.  Serangan ini menyasar warga dan aparat Israel. Setidaknya tujuh orng Israel terbunuh. (mk/knrp)
Sumber: Republika Online