terowongan-gaza
GAZA — Tentara Mesir telah memompa air dari Laut Mediterania ke terowongan bawah tanah yang digunakan oleh warga Palestina untuk mentransfer pasokan penting ke Jalur Gaza yang diblokade Israel, saksi dan pejabat keamanan setempat mengatakan.
Abu Mohammad, pemilik terowongan, melaporkan kepada kantor berita resmi Turki Anadolu bahwa terowongan tergenang oleh “sejumlah besar air” pada hari Jumat melalui pipa bawah tanah besar yang memiliki ratusan lubang di dalamnya.

“Dulu Pipa ini diperpanjang dalam parit yang membentang di antara perbatasan Mesir dan Jalur Gaza,” tambahnya.
Selanjutnya, para pejabat keamanan Mesir mengatakan bahwa operasi itu bertujuan untuk mengakhiri apa yang mereka sebut sebagai penyelundupan senjata ke anggota militan yang beroperasi di negara Afrika Utara yang bermasalah di Semenanjung Sinai, kantor berita Jerman DPA melaporkan.
Selama beberapa tahun terakhir, pemerintah Kairo telah meluncurkan tindakan keras terhadap terowongan bawah tanah yang digunakan oleh penduduk Gaza untuk mentransfer pasokan penting, termasuk makanan dan bahan bakar, ke pesisir Israel yang diblokade.
Pada pertengahan Juni, militer Mesir mengatakan telah dihancurkan hampir 1.430 terowongan bawah tanah antar negara dan Jalur Gaza selama satu setengah tahun yang lalu. (mk/knrp)
Sumber: Press TV