Seorang pekerja di sebuah pabrik penyaringan air yang dioperasikan oleh perusahaan air Israel Mekorot
Seorang pekerja di sebuah pabrik penyaringan air yang dioperasikan oleh perusahaan air Israel Mekorot

TEPI BARAT – Sebuah perusahaan air Israel telah memutus pasokan air untuk warga Palestina di beberapa daerah di Tepi Barat yang diduduki.
Mekorot, perusahaan Israel, Rabu menghentikan pasokan air yang sangat penting untuk beberapa daerah di Tepi Barat utara, Palestina Air Authority (PWA) mengatakan.
Otoritas Palestina juga mengatakan bahwa pasokan air dari utara Kota Nablus banyak mengalami kendala setelah langkah pemutusan air  oleh Mekorot.
Otoritas Palestina yang menjalankan saluran air di Tepi Barat mengatakan sedang bekerja untuk menyambung kembali pipa air kosong dengan sumber air lain. PWA telah menghubungi Mekorot, tetapi belum menerima tanggapan. Tidak jelas berapa banyak orang telah dirugikan oleh langkah tersebut.
Pekan lalu, puluhan warga Palestina dari desa Tepi Barat utara Kafr Qaddum melancarkan aksi  untuk memprotes langkah Mekorot yang telah memutus pasokan ke desa.
Sebelum dipotong, air yang disediakan sekitar 4.000 orang yang tinggal di sana.
Pada hari Senin pemerintahan di Tel Aviv menyatakan bahwa Mekorot telah memutuskan untuk menyesuaikan pasokan air di Tepi Barat bagian utara karena peningkatan konsumsi, media Israel melaporkan.
Israel, termasuk pemukim, memiliki akses ke 300 liter air per hari, menurut Organisasi Darurat Air, Sanitasi dan Kesehatan (EWASH). Sedangkan rata-rata di Tepi Barat adalah sekitar 70 liter air per hari, di bawah minimum direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia 100 liter per hari untuk sanitasi dasar, kebersihan dan minum. (mk/knrp)
Sumber: Press TV