Izzudin Bin Ghurah syuhada
JENIN – Pasukan militer Israel menembak mati seorang pemuda Palestina yang berusia 23 tahun di Jenin, Tepi Barat, pada Rabu (10/6/2015). Pemuda Palestina itu dituduh hendak melemparkan bom pipa pada aparat keamanan Israel.
Pihak kepolisian perbatasan Israel mengatakan, pasukan keamanan Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas, yang beroperasi di perbatasan Tepi Barat tidak berkoordinasi, terkait adanya rencana serangan bom itu.
Kepolisian Israel seperti dikutip Reuters, menyatakan, pemuda Palestina yang ditembak mati itu semula berjalan mendekati pasukan khusus Israel. Sebelum melemparkan bom pipa, korban telah ditembak lebih dulu oleh pasukan Israel.
Laporan lain dari para saksi mata menyatakan, pemuda itu terluka setelah ditembak. Namun, dia akhirnya dibunuh pasukan Israel. Bom yang dibawa korban, kemudian diledakkan di dekatnya.
Menurut penduduk Jenin dan pejabat rumah sakit setempat, pemuda 23 tahun yang belakangan diketahui bernama Izzuddin Bani Ghurah itu syahid pagi hari dan tidak ada konfrontasi yang lebih meluas dengan pasukan Israel.
Sebelum insiden penembakan itu, semalam, pasukan keamanan Israel menangkap tiga orang di Jenin, yang salah satunya dituduh terlibat aktif di kelompok Pejuang Palestina. Sedangkan secara keseluruhan, pasukan Israel semalam menangkap 10 orang di Tepi Barat. [zk/knrp]

Sumber : www.sindonews.com