Rafah
GAZA – Pemerintah Mesir memperpanjang pembukaan perbatasan darat Rafah hingga hari ke 4, ungkap direktur perbatasan Gaza, Maher Abu Shubhah dalam pernyataan persnya di jejaring sosial facebook.
Ia mengatakan, pemerintah Mesir sudah menyampaikan keputusan ini kepada Palestina, bahwa mereka akan membuka Rafah hingga hari ke 4 atau hingga hari Selasa (16/6).
Abu Shubhah mengungkapkan harapanya agar warga menyampaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk mempersiapkan segala sesuatunya.
Sebelumnya, pemerintah Mesir mengumumkan keputusanya untuk membuka perlintasan Mesir selama tiga hari, sejak Sabtu (13/6), setelah sebelumnya menutupnya hampir tiga bulan berturut-turut.
Selama dua hari kemarin, sebanyak 1500 orang dapat melintasi Rafah dari kedua arah. Walau yang mendaftar lebih dari 14 ribu orang. Sementara itu, yang sangat berkepentingan untuk bisa melintasi perbatasan baik yang terdaftar maupun yang tidak mencapai 100 ribu orang.
Pemerintah Mesir terus menutup perlintasanya sejak Oktober tahun 2014 lalu secara permanen. Kemudian dibuka secara berkala tiap bulan hanya untuk kepentingan kemanusiaan. Ada sekitar 100.000 warga Palestina membutuhkan pengobatan ataupun lanjutkan kuliah di luar Palestina. [zk/knrp]
 
 
Sumber : www.infopalestina.com