Raja Emirat, Syeikh bin Khalifah membantu pelaksanaan pernikahan massal pengantin muda di Jalur Gaza, April 2015 lalu.
Raja Emirat, Syeikh bin Khalifah membantu pelaksanaan pernikahan massal pengantin muda di Jalur Gaza, April 2015 lalu.

GAZA – Hari Rabu (20/5) tersebar di jalan-jalan utama di kota Gaza banyak poster ucapan terima kasih kepada Turki yang telah mensponsori proyek nikah massal untuk 2000 pasangan muda Palestina di Jalur Gaza.

Di antara poster itu ada foto Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan di sampingnya foto Wakil Kepala Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam Hamas Ismail Haniyah dan peta historis Palestina dengan tertulis: Terima Kasih Turki… Kebahagiaan Palestina.

Diperkirakan akan digelar pesta nikah massal untuk 2000 pasangan muda Palestina di Jalur Gaza pada akhir Mei ini. Acara ini digelar atas biaya pemerintah Turki.

Sebelumnya Haniyah dalam pernyataan pers saat kunjungan Menteri Wakaf Turki Mohammed Cormaz ke Jalur Gaza, Ahad (17/5) lalu, mengatakan bahwa Turki akan mendanai proyek nikah massal 2000 pasangan muda Palestina dari Jalur Gaza pada akhir Mei ini. Bersamaan dengan peringatan tahunan kejahatan yang dilakukan penjajah Zionis pada Freedom Flotilla.

Pada 31 Mei 2010 lalu, pasukan komando Angkatan Laut Zionis menyerang kapal Mavi Marmara, kapal terbesar Freedom Flotilla yang berlayar menembus blokade Gaza, di atasnya ada lebih 500 relawan yang sebagian besarnya dari Turki, saat mereka berada di perairan internasional di Laut Mediterania. Serangan ini mengakibatkan 10 relawan asal Turki gugur dan lebih dari 50 lainnya terluka.

Sementara itu anak-anak muda Palestina di Jalur Gaza hidup dalam kondisi ekonomi yang sulit akibat kemiskinan dan pengguran sehingga banyak yang terlambat menikah.

Menurut data Pusat Statistik Palestina pada Februari lalu, tingkat pengangguran di Gaza selama catur wulan terakhir tahun lalu mencapai 42,8%. Di Gaza saat ini ada 1,9 juta jiwa yang tinggal di atas wilayah seluas 560 kilomter saja. Sehingga Jalur Gaza menjadi wilayah yang paling padat di dunia. [zk/knrp]

Sumber : www.infopalestina.com