Suasana Syukuran di Kantor KNRP Jawa Barat, Kamis (26/2).
Suasana Syukuran di Kantor KNRP Jawa Barat, Kamis (26/2).

TASIKMALAYA – Ketua Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Kerohanian Islam Siliwangi (KISI) Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, Aris Restu Maulana mengatakan, KISI bekerja sama dengan Komite Nasional Untuk Rakyat Palestina (KNRP) membuat gerakan peduli Palestina tidak hanya di Area Car Free Day saja. Dalam hal ini KISI Unsil terus menyuarakan ajakan kepada semua umat muslim di mana pun berada termasuk di Kota Tasikmalaya.
“Kami melakukan gerakan solidaritas untuk Palestina di Area CFD, karena pada hari libur akhir pekan biasanya warga Tasikmalaya melakukan aktivitasnya di sini (Area Car Free Day, red). Sehingga kami turun ke jalan untuk aksi peduli sekaligus penggalangan dana,” ujarnya
Dikatakan Aris, ada tiga poin tujuan dalam aksi tersebut. Yakni, pendidikan, donasi dan jaringan. “Tujuan akhir kami membuat jaringan untuk bisa melakukan donasi rutin membantu Palestina,” ujar Aris, Minggu (3/5/2015) disela-sela aksi.
Aksi yang digelar oleh LDK KISI diharapkan bisa mengajak mahasiswa lainnya untuk peduli Palestina. Selain itu, lanjut Aris, pihaknya juga mengajak umat muslim, khususnya masyarakat Tasikmalaya untuk selalu berempati terhadap sesama manusia dan umat.
Saat ini tempat-tempat suci dan peninggalan sejarah umat Islam sedang digempur oleh Israel. Aris menegaskan, Palestina saat ini benar-benar sedang membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari semua umat muslim di dunia.
Aris berharap, lembaga-lembaga keagamaan pemerintah seperti Departemen Agama (Depag) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar lebih bisa mengajak masyarakat untuk senantiasa peduli. Karena menurutnya, gerakan peduli Palestina yang dilakukan mahasiswa akan lebih baik jika didorong oleh lembaga-lembaga keagamaan pemerintah. “Donasi untuk umat Islam, mungkin kedepannya bisa bersifat permanen,” ujar Aris. [zk/knrp]
 
Sumber : www.pikiran-rakyat.com