seniman gaza 3
GAZA – Lebih dari 400 seniman Palestina dari Jalur Gaza berkumpul di Lapangan Al-Saraya, Kota Gaza, Senin (30/3) untuk menandai Hari Tanah Palestina ke-39. Di mana hari ini adalah hari ketika rakyat Palestina bangkit melawan rencana Israel untuk menyita lebih dari 5.100 hektar wilayah yang diduduki untuk dijadikan pemukiman ilegal Yahudi.
Hari Tanah tercetus pada tanggal 30 Maret 1976. Israel menewaskan enam demonstran Palestina dan sejak saat itu rakyat Palestina telah menandai hari itu setiap tahunnya.

Para seniman Gaza ini sebagian besar berusia kurang dari 20 tahun, berkumpul dan menggunakan bakat mereka untuk menghasilkan lukisan yang mencerminkan penderitaan rakyat Palestina akibat penyitaan tanah mereka atas Israel, serangan ini terjadi setiap hari oleh pemukim yang dilindungi oleh tentara dan militer Israel.
Tak hanya melukis, sejumlah kegiatan lain pun juga dilakukan oleh para seniman Gaza ini. Para penari muda dan penyanyi juga melakukan beberapa drama cerita rakyat Palestina dan lagu dengan mengenakan pakaian tradisional. (mk/knrp)
Sumber: Middle East Monitor