DOWNLOAD Aplikasi Android KNRP Sekarang di Play Store, KLIK DI SINI

Israeli-bulldozers-destroying-houses-hebron
TEPI BARAT – Tentara Israel pada hari Senin meratakan empat rumah milik warga Palestina di Desa Al-Jiftlik, yang terletak di provinsi Tepi Barat Jericho di Lembah Yordan, menurut saksi mata.
Buldoser Israel meratakan rumah yang terletak di bagian timur Desa Al-Jiftlik, mengklaim daerah itu bagian dari “zona militer” di bawah yurisdiksi Israel, saksi mata mengatakan kepada Anadolu Agency, mencatat bahwa rumah yang dihancurkan telah menampung sekitar 30 orang.
Area pemukiman yang dihancurkan terjadi di “Area C,” yang mencakup hampir dua pertiga dari Tepi Barat dan tetap di bawah kendali penuh sipil dan keamanan Israel yang ditetapkan oleh Perjanjian Oslo II(ditandatangani pada tahun 1995 antara Israel dan Otoritas Palestina).
Israel melarang pembangunan berbahan dasar semen dan/atau struktur besi di wilayah strategis Lembah Jordan, di mana wilayah tersebut kaya akan pertanian yang membentang di sepanjang perbatasan Yordania.
Akibatnya, lebih dari 10.000 penduduk Palestina dari wilayah tersebut telah dipaksa untuk tinggal di tenda darurat atau gubuk timah.
Israel yang melihat lembah strategis ini sebagai daerah penyangga ekonomi dan keamanan untuk permukiman Yahudi dan ingin menjaga daerah ini di bawah kontrol dalam kesepakatan masa depan dengan Palestina. Namun sebaliknya, rakyat Palestina menginginkan Lembah Yordan sebagai bagian dari negara Palestina. (mk/knrp)
Sumber: Middle East Monitor

DOWNLOAD Aplikasi Android KNRP Sekarang di Play Store, KLIK DI SINI