airsungaijordan
RAMALLAH — Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah meresmikan proyek bagi sistem pengairan di beberapa desa Palestina di seluruh Kota Nablus, bagian utara Tepi Barat Sungai Jordan.
“Proyek pengarian buat semua desa di sekeliling Kota Nablus sangat penting sebab itu akan memasok air buat permukiman terbesar Palestina di daerah tersebut,” kata Hamdallah, Ahad (22/3).
Ia menambahkan Israel dan semua permukimannya menikmati cukup banyak air dengan mengorbankan setiap bagian air semua orang Palestina di Tepi Barat. Sumber air buat Tepi Barat dan Israel berasal dari Sungai Jordan, untuk beberapa daerah di Tepi Barat, terutama di bagian utara. Sementara itu air tanah adalah sumber air di bagian tengah dan selatan Tepi Barat serta Jalur Gaza.
Hamdallah juga mengatakan Jalur Gaza menderita krisis air parah. Sekitar 97 persen air di daerah kantung pantai tersebut asin dan tercemar. Perdana Menteri Palestina itu mengatakan Pemerintah Otonomi Nasional Palestina melancarkan berbagai upaya untuk mendapat dukungan internasional guna mengakhiri kebijakan Israel, yang mengeksploitasi sumber daya alam Palestina. (mk/knrp)
Sumber: Republika Online