DOWNLOAD Aplikasi Android KNRP Sekarang di Play Store, KLIK DI SINI

Pemukiman Yahudi di Palestina

RAMALLAH – Otoritas penjajah Zionis pada hari Sabtu (14/2) memperluas penggusuran lahan sekitar 400 juta meter persegi di lahan yang terisolasi di timur Tepi Barat. Demikian menurut laporan Institusi Penelitian Terapan yang memantau aktivitas pemukiman Yahudi di Tepi Barat.

Disebutkan bahwa Otoritas penjajah Zionis pada tahun 2009 telah menggusur 410.884.000 meter persegi dari tanah yang membentang dari permukiman Ma’aleh Adomim di timur al Quds hingga propinsi Hebron, yang merupakan kawasan terisolasi di timur yang membentang hingga Laut Mati.

Komandan militer Zionis di Tepi Barat telah mengeluarkan instruksi memperluas dan menutup lahan tersebut. Zionis menggunakan 212 ribu meter persegi dari luas tersebut untuk perluasan permukiman Yahudi Ma’aleh Adomim yang berdiri di atas tanah warga Palestina di timur al Quds.

Penjajah Zionis merubah realita wilayah tersebut. Luas sona isolasi timur mencapai 1264 kilometer persegi, 716..210.000 meter persegi dijadikan wilayah militer tertutup dan zona tembak serta kawasan perlindungan alam.

Laporan ini menyebutkan, sejak tahun 1968 Israel telah membangun permukiman-permukiman ilegal yang membentang dari permukiman Mickola di ujung utara lembah Yordan dan berakhir di permukiman Metsiyeh Shalom di ujung selatan Tepi Barat.

Bersamaan dengan meningkatnya permukiman dan perintah penggusuran selama tahun-tahun pendudukan, maka telah digusur 64 kilometer persegi atau 7,4% dari luas total lahan pertanian di kawasan isolasi timur (total sebesar 864 kilometer persegi) dan 3% dari luas seluruh wilayah tersebut, yaitu dengan melarang warga Palestina menggarap tanah tersebut.

Kawasan isolasi timur merupakan 27% dari total luas Tepi Barat, terdapat 38 permukiman ilegal Zionis yang dibangun di atas tanah seluas 37.953.000 meter persegi dan dihuni oleh lebih dari 13000 pemukim pendatang Yahudi, ditambah 32 koloni-koloni permukiman kecil.

Secara ril, Zionis menguasai 95% kawasan isolasi timur yang terbagi menjadi 9% zona ranjau, 25% kawasan perlindungan alam, 2,3% dikuasai permukiman-permukiman, 2,8% dikuasai pangkalan militer dan 51% yang diumumkan sebagai kawasan militer tertutup. [zk/knrp]

Sumber : www.infopalestina.com

DOWNLOAD Aplikasi Android KNRP Sekarang di Play Store, KLIK DI SINI