Konferensi Asia Afrika 2015
BOGOR – Wakil Menteri Luar Negeri M Fachir mengungkapkan, ada dua deklarasi yang akan dihasilkan dalam Konferensi Asia-Afrika ke-60 di Bandung, Jawa Barat, pada April mendatang. Dua deklarasi itu akan dinamakan “Pesan Bandung” dan “Deklarasi Palestina”.
Dia menjelaskan, Deklarasi soal Palestina saat ini tengah dibahas oleh para utusan masing-masing negara di New York.
“Yang jelas, tentu saja dukungan politik terhadap Palestina juga dukungan-dukungan lainnya yang diberikan selama ini, termasuk capacity building,” kata Fachir di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/2/2015).
Sementara Pesan Bandung, lanjut dia, akan lebih menyinggung masalah yang menyeluruh dan terkait hal-hal yang bisa dilakukan oleh negara-negara Asia Afrika. Fachir mengaku belum bisa menjabarkan isi dari Pesan Bandung itu karena masih dalam tahap penyusunan.
“Sedang dibahas. Karena Pesan sifatnya sangat umum, menyangkut masalah, tentu saja. Sejauh mana setelah 60 tahun, kemajuan apa yang sudah dicapai,” kata dia.
Pemerintah, ucap Fachir, sudah mengirimkan undangan kepada 109 negara yang terdiri dari 55 negara Asia dan 54 negara Afrika untuk hadir dalam Konferensi Asia-Afrika pada April mendatang. Salah satu kepala negara yang diundang adalah Presiden Korea Utara Kim Jong Un.
Adapun, pertemuan untuk KTT Asia-Afrika akan dilaksanakan pada 22-23 April di Jakarta. Puncaknya para pemimpin negara Asia-Afrika berkumpul di Bandung pada 24 April.
Pada puncak acara itu, akan dilakukan kembali perjalanan napak tilas KAA seperti yang terjadi pada tahun 1955. Selain itu dua kegiatan tambahan yang akan dimasukkan meliputi Asia-Africa Business Summit dan Asia-Africa Festival.
Asia-Africa Business Summit dipersiapkan untuk mendorong kerjasama ekonomi dengan peserta adalah kamar dagang dan industri negara-negara Asia-Afrika. Sementara acara Asia-Africa Festival didorong oleh Pemerintah Kota Bandung. Kegiatan ini akan meliputi banyak aspek, tetapi sisi sosial budaya yang akan lebih ditonjolkan. [zk/knrp]
 
Sumber : www.kompas.com