IMG_4360Banda Aceh (20/1) – Sejak Juli sampai September 2014 silam, Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) telah menyalurkan sekitar Rp 14 miliar, baik langsung kepada rakyat di Jalur Gaza dan para pengungsi di luar Palestina, yang bermukim di Yordania, Lebanon dan Suriah. Diantara Rp 14 miliar itulah ada dana dari rakyat Banda Aceh yang tersalurkan untuk rakyat Palestina.
Demikian disampaikan Ketua Umum KNRP Soeripto, saat menyampaikan sambutan pembuka di acara “Malam Silaturahim Penyerahan Hasil Penggalangan Dana Untuk Rakyat Palestina dari Pemerintah dan Masyarakat Banda Aceh” yang digelar oleh Pemerintah Kota Banda Aceh, Selasa (20/1) malam di Balaikota Banda Aceh, Aceh.
Lebih jauh Soeripto menambahkan, Pemerintah dan Masyarakat Kota Banda Aceh sampai saat ini berhasil mengumpulkan sumbangan sebesar Rp 4,5 miliar untuk membantu rakyat Palestina, khususnya di Jalur Gaza. KNRP sendiri diminta untuk membantu menyalurkannya kepada rakyat Palestina baik yang ada di Jalur Gaza dan para pengungsi di luar Palestina.
“Bahwa cara berjuang kita dalam mengumpulkan sumbangan disini, sudah tercatat oleh rakyat Palestina, menemani rangkaian proses panjang kemerdekaan Palestina, terutama sumbangan dari rakyat Banda Aceh,” tandas Soeripto.
Dalam malam silaturahim ini juga, Soeripto mengajak Walikota Banda Aceh Illiza Sya’adudin Djamal untuk dapat mengantarkan dan menyaksikan langsung sumbangan tersebut ke Jalur Gaza atau para pengungsi di luar Palestina.
Sementara itu, mendengar tawaran dari Ketua Umum KNRP, Walikota Banda Aceh Illiza Sya’adudin Djamal mengatakan dalam sambutannya, keinginan itu ada namun kami malu untuk menyampaikan sumbangan yang tidak seberapa itu, “Kami berterimakasih kepada KNRP yang telah membantu menyalurkan amanah ini kepada rakyat Palestina, yang terpenting kami sudah menunaikan kewajiban kami sebagai sesama muslim untuk membantu mereka yang saat ini masih menderita,” tuturnya sedih.
Pemerintah dan Masyarakat Banda Aceh yang diwakili Walikotanya pada malam ini menyerahkan sekitar Rp 1,1 miliar. KNRP pun mengapresiasi dengan memberikan foto mozaik tokoh pejuang Palestina Syaikh Ahmad Yasin dan foto bingkai Komplek Masjid Al Aqsha.
Sejumlah tokoh hadir pada malam silaturahim ini antara lain, Sekretaris Daerah Kota Banda Aceh Bahagia, Kepala-Kepala Dinas, Camat dan Kepala Desa, kemudian Ketua Harian KNRP Pusat Caca Cahayaningrat turut mendampingi Ketua Umum KNRP Soeripto, Anggota DPR Aceh yang juga Ketua KNRP Aceh Tengku Makhyaruddin, serta Anggota Komisi III DPR RI asal Aceh Nasir Djamil. (zk/knrp)