DOWNLOAD Aplikasi Android KNRP Sekarang di Play Store, KLIK DI SINI

riyad-mansour-2
TIMUR TENGAH – Duta Besar Palestina untuk PBB Riyad Mansour mengatakan bahwa Dewan Keamanan PBB tidak memikul tanggung jawab untuk Palestina atau melaksanakan resolusi yang mengenai pendudukan Israel.
“Kami harus fokus pada penerapan hukum dan menghukum mereka yang melanggar dan menghilangkan kekebalan dari pendudukan,” kata Mansour dalam pertemuan darurat Dewan Keamanan di Timur Tengah.
Dia menekankan bahwa pencapaian keadilan dan perdamaian yang komprehensif memerlukan penerapan resolusi PBB tentang Israel.
Dia menunjukkan bahwa batas antara Israel dan Palestina harus ditentukan dan resolusi PBB harus dipatuhi. Sementara itu, ia juga menyerukan tentang keadilan yang  komprehensif sebagai solusi terhadap krisis pengungsi.
Mansour menekankan bahwa pembentukan negara Palestina merupakan tanggung jawab bersama oleh masyarakat internasional dan seharusnya Dewan Keamanan yang memikul tugasnya dalam hal ini. “Bagaimana kita bisa menghentikan permintaan kami dan panggilan ke masyarakat internasional sementara kita menderita di bawah pendudukan Israel? Kepemimpinan Israel tidak memiliki keputusan politik untuk berdamai. Mereka tidak pernah bertanggung jawab atas tindakannya, ini mendorong wilayah tersebut ke dalam jurang, “katanya.
Dia menjelaskan bahwa Israel terus meneror rakyat Palestina oleh kampanye militer dan menangkap anak-anak dan perempuan. Tercatat bahwa tragedi kemanusiaan di Jalur Gaza karena agresi Israel terhadap daerah kantong saat musim panas kemarin adalah tragedi kemanusiaan yang besar, namun Israel belum bertanggung jawab sampai saat ini.
“Israel mencegah masuknya bahan bangunan, air dan listrik ke Jalur Gaza. Ini semua bagian dari kejahatan yang dilakukan oleh Israel di Jalur Gaza. Hukuman kolektif yang barbar kepada rakyat kami dan pemotongan uang pajak Palestina adalah tindakan mencuri uang rakyat Palestina yang harus dikutuk oleh masyarakat internasional, “kata Mansour.
Duta besar Palestina ini mengatakan keputusan Otoritas Palestina untuk bergabung dengan Mahkamah Pidana Internasional (ICC) adalah salah satu langkah pertama yang membuat Israel harus bertanggung jawab atas tindakannya, sehingga mereka tahu bahwa tidak ada yang kebal hukum.
Mansour bertanya apakah masyarakat internasional akan tetap diam dan sampai berapa lama kah Palestina harus menunggu kemerdekaan mereka? (mk/knrp)
Editor: Mashan Khoiriyah
Sumber: Middle East Monitor

DOWNLOAD Aplikasi Android KNRP Sekarang di Play Store, KLIK DI SINI