DOWNLOAD Aplikasi Android KNRP Sekarang di Play Store, KLIK DI SINI

demo-gaza perancis
PARIS – Senat Perancis, Kamis (11/12/2014), mendesak pemerintah agar mengakui keberadaan Palestina sebagai sebuah negara. Desakan ini menyusul seruan serupa yang lebih dulu diserukan parlemen negeri itu beberapa waktu lalu.
Selain seruan untuk mengakui Palestina, Senat Perancis juga mendesak agar pembicaraan damai antara Palestina dan Israel segera dimulai kembali. Sebelum resolusi ini diterbitkan, anggota Senat menggelar pemungutan suara dengan hasil 153 suara melawan 146 suara.
Awal bulan ini, parlemen Perancis juga menggelar pemungutan suara serupa dengan 339 suara setuju mendesak pemerintah untuk mengakui Palestina dan 151 menolak.
Pemungutan suara di parlemen Perancis itu memicu kemarahan pemerintah Israel yang mengatakan parlemen Perancis mengirim pesan yang salah dan justru menjadi mengganggu upaya mewujudkan perdamaian.
Meski parlemen dan Senat sudah memberikan desakannya, namun sesuai undang-undang Perancis kedua seruan itu tidak mengikat pemerintah dalam mengambil keputusan akhir.
Meski demikian, Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius mengatakan Paris bisa saja mengakui Palestina sebagai sebuah negara jika upaya diplomatik kembali gagal. Fabius juga mendesak agar resolusi konflik Timur Tengah bisa dicapai dalam waktu dua tahun. (zk/knrp)

 
Sumber : www.kompas.com

DOWNLOAD Aplikasi Android KNRP Sekarang di Play Store, KLIK DI SINI