Pengusaha Gaza Mariam Abultewi Palestina
GAZA – Walaupun diterpa blokade atas Israel, warga Palestina terus berwirausaha secara mandiri melalui piranti online.
Mariam Abultewi pengembang aplikasi sharing asal Gaza, Palestina, merilis aplikasi Wasselni, yang memungkinkan warga Gaza untuk menemukan sopir taksi terdekat dan mobil mengemudi teman-teman Facebook ketika terhubung ke jaringan WiFi. Perangkat aplikasi ini dapat bekerja secara offline, dengan mengetik nama kafe ke Wasselni, kita akan mendapatkan daftar nomor untuk driver dan perusahaan taksi yang bekerja di lingkungan sekitar kita.
Mariam Abultewi (25) menuturkan bahwa selama ini tinggal di kamp pengungsian. Saya tinggal di kamp pengungsi Nuseirat. Saya merasakan letih,saat ini sopir menghabiskan banyak waktu di sana untuk mencoba menemukanpenumpang yang tepat, dan penumpang menghabiskan waktu yang lama.” katanya seperti yang dilansir The Guardian beberapa waktu yang lalu.
Ide Wasselni segera diikuti, dan, tiga tahun kemudian, berhasil memiliki sekitar2.000 pelanggan dan sekitar 70 perusahaan taksi bergabung, yang semuanyamembayar proporsi pendapatan mereka ke perusahaan.
Ini adalah salah satu contoh bagaimana sulitnya dapat untuk melakukan bisnis diGaza. Blokade Israel dan Mesir membuat barang sulit dapat melintasi perbatasan, dan sangat sedikit orang bisa melakukan kemudahan. Listrik yang tersedia hanya beberapa jam sehari, dan terlebih jika selama perang, itu benar-benar sangat menyulitkan.
Perempuan selalu diharapkan menjadi perawat, guru atau ibu. Tapi kita bisamemberi mereka harapan baru, dengan hal-hal yang baru.” tandas
Abultewi. (mk/knrp)
Sumber: Viva News