attack2
BURDUR — Menteri Uni Eropa dan Kepala Negosiator Turki Volkan Bozkır mengecam tindakan Israel yang dianggap melecehkan Masjid Al-Aqsa.
“Saya mengirimkan pesan ini kepada para prajurit Israel yang masuk Masjid Al-Aqsa dengan sepatu bot mereka: Jika Anda tidak meninggalkan segera, kami akan mengambil sepatu bot Anda dan melihat Anda berlarian,” ujar Bozkır, dilansir Todayszaman, Selasa (11/11).
Polisi Israel bentrok dengan warga Palestina beberapa waktu lalu di pintu masuk Masjid Al-Aqsa. Para pejabat Palestina mengatakan pasukan Israel telah menyerbu masuk ke Masjid Al-Aqsa untuk pertama kalinya sejak 1967.
Pejabat Palestina juga mengatakan bahwa polisi Israel memasuki Masjid Al-Aqsa dengan mengenakan sepatu bot yang dinilai melecehkan kesucian Masjid tersebut.
Dikatakan lebih lanjut, Turki akan selalu melindungi perdamaian di Palestina. “Turki tidak akan membiarkan orang untuk mengganggu  kedamaian yang telah kami dirikan di Palestina atau di negara lainnya,” lanjutnya.
Pernyataan Bozkir juga mendapat dukungan penuh dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Ahmet Davutoglu yang menyebut sikap tentara Israel tersebut merupakan tindakan bar-bar.
Davutoglu juga mengatakan sudah menjadi ‘tugas ilahi’ bagi Turki untuk melindungi kesucian Masjid Al-Aqsa. (mk/knrp)
Sumber: Republika Online