nelayan gaza
RAMALLAH – Koordinator Kementerian Pertanian (yang juga menangani masalah kelautan), Thalat Tawali mengumumkan bahwa pekan ini untuk pertama kalinya ada dilakukan usaha pengiriman ikan dari Jalur Gaza ke pasar Tepi Barat melalui perlintasan yang dikendalikan Israel, Karem Abu Salem.
Dalam pernyataan persnya Ahad (2/11) kemarin, Tawali menegaskan, sejumlah pertemuan digelar beberapa pekan lalu di perlintasan Beyt Hanun (Karem Abu Salim) yang dihadiri oleh importir dan ketua perlintasan serta asisten komandan ekonomi Israel dengan koordinator kementerian pertanian Israel dan pejabat tekait.
Ia mengisyaratkan, pertemuan itu bertujuan menyepakati mekanisme ekspor ikan dan komoditas pertanian dari Jalur Gaza ke Tepi Barat dan membuat sejumlah solusi bagi sejumlah hal dianggap alasan penjajah Israel sebagai penghambat untuk kemudian memasukkan jumlah ikan yang disepakati seperti yang berlaku bagi komoditas pertanian lainnya sepekan lalu.
Selama pertemuan itu disepakati pengiriman satu ton ikan pada Senin hari ini sesuai dengan syarat dan aturan yang dibuat oleh penjajah Israel di antaranya cara penyimpanan dan transportasi serta pengepakan sehingga tidak rusak.
Selama beberapa tahun, penjajah Israel melarang eksport ikan dari Jalur Gaza ke Tepi Barat bahkan untuk komoditas pertanian lainnya sebagai bentuk usaha pengekangan dan blokade yang diterapkan kepada Jalur Gaza. (za/knrp)
Sumber : infopalestina.com