Rafah-Egypt
MESIR – Pemerintah Mesir telah membuka kembali untuk sementara perbatasan Rafah, yang telah ditutup oleh Kairo menyusul serangan mematikan di Semenanjung Sinai.

“Perbatasan sedang dibuka selama dua hari untuk membantu lalu lintas terutama dari Mesir ke Gaza,” kata seorang pejabat pemerintah, Rabu kemarin. Perbatasan akan dibuka selama empat jam pada hari Rabu dan Kamis, tambahnya.
Pemerintah Mesir  menutup perbatasan di mana hanya terminal tanah Gaza yang dilewati Israel, setelah serangan yang menargetkan personil militer Mesir dan menewaskan 33 tentara Mesir di Sinai pada 24 Oktober.
Pada awal November, duta besar Palestina untuk Mesir, Jamal al-Shobaki, meminta Kairo untuk membuka kembali perbatasan antara Mesir dan Jalur Gaza.
Utusan Palestina itu mengatakan dia telah meminta menteri luar negeri Mesir untuk membuka kembali penyeberangan untuk kasus-kasus khusus, seperti kemungkinkan kembalinya warga Palestina yang telah menerima pengobatan di luar negeri untuk luka yang diderita dalam perang musim panas Israel di Gaza. Perang itu menewaskan sekitar 2.140 warga Palestina dan menyebabkan lebih dari 11.000 lainnya terluka.
Gaza telah diblokade sejak tahun 2007, sebuah situasi yang telah menyebabkan penurunan standar hidup, tingkat pengangguran belum pernah terjadi sebelumnya, dan kemiskinan tak henti-hentinya. (mk/knrp)
Sumber: Press Tv