2154472Mahmoud-Abbas-Palestina780x390
MARKAS BESAR PBB – Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas, Jumat (26/9/2014), menuding Israel telah melakukan perang genosida di Gaza. Dia pun bersumpah menuntut keadilan atas hal itu.
“Kami tidak akan melupakan dan kami tidak akan mengampuni, dan kami tidak akan membiarkan penjahat perang untuk menghindari hukuman,” kata Abbas dalam pidatonya di Majelis Umum PBB.
Selama 50 hari, Gaza dibombardir Israel. Perang ketiga di Gaza dalam enam tahun terakhir ini telah menewaskan tak kurang dari 2.140 orang, yang kebanyakan adalah warga sipil termasuk perempuan dan anak-anak.
“Israel telah memilih untuk membuatnya menjadi tahun perang baru genosida yang dilakukan terhadap rakyat Palestina,” tegas Abbas. “Perang di Gaza merupakan serangkaian kejahatan perang absolut yang dilakukan Israel di depan mata dan telinga dunia.”
Palestina telah mengancam membawa perkara serangan Israel tersebut ke Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag, Belanda. Perang tersebut berhenti setelah Israel dan Hamas membuat kesepakatan gencatan senjata jangka panjang atas mediasi Mesir, pada 26 Agustus 2014. (mk/knrp)
Sumber: Kompas