160734_benyaminnetanyahuafp
BETHLEHEM — Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengecam Dewan HAM PBB yang mengkritik tindakan Israel atas Gaza. Menurutnya, perang yang terjadi di Gaza merupakan kesalahan Hamas.

Ia juga menuding Hamas menggunakan anak-anak dan korban sipil lainnya sebagai taktik perang mereka. Dengan demikian, Israel dapat dituding sebagai pelaku kejahatan perang.
“Kami tidak sengaja menargetkan warga sipil di Gaza dan kami menyesal atas berjatuhannya korban saat itu,” ujar Netanyahu, dilansir Maan News, Selasa (30/9).
Menurutnya, penilaian Dewan HAM PBB tidaklah berdasar kuat. Selama ini ia mengatakan tentara negaranya telah menjunjung tinggi moral kemanusiaan.
Netanyahu juga menyampaikan kemarahannya atas pernyataan Presiden Palestina Mahmud Abbas. Dalam pernyataan tersebut, Abbas menyebut Israel telah melakukan genosida saat serangan ofensif pasukan mereka selama 50 hari di Jalur Gaza. Ia berdalih, serangan ditujukan terhadap Hamas yang disebut kerap melakukan perlawanan terhadap mereka. (mk/knrp)
Sumber: Republika